Kamis, 04 Maret 2010

Kisah menakjubkan dalam Al-quran : Baitullah didirikan

apakah kalian tahu bahwa baitullah atau ka'bah didirikan oleh nabi ibrahim dan nabi ismail? ka'bah adalah rumah allah jadi semua orang dibelahan dunia mana pun pada saat kita shalat,kita akan selalu menghadap ka'bah sebagai panduan kiblat.

Suatu saat,Nabi ibrahim menerima wahyu dari Allah swt. untuk mendirikan ka'bah.Untuk menentukan tempat yang akan didirikan ,Nabi ibrahim menunjuk suatu tempat.

"disanalah allah swt. memerintahkan agar aku mendirikan baitullah" sambil menunjuk lokasinya. setelah mendengar cerita dari ayahnya Nabi ismail menjadi semangat dan berkata"kalau begitu mari kita bangun baitullah disitu,wahai ayah,aku siap membantumu"

Akhirnya Nabi ibrahim dan Nabi ismail pun mulai bekerja mereka membuat bangunan pondasi bangunan yang cukup dalam agar bangunan itu berdiri dengan kuat dan kokoh. satu per satu mereka mencari bongkahan batu untuk dijadikan pondasi . Karena batu yang dibutuhkan itu sangat banyak,mereka berdua tak segan mencarinya ke daerah gunung dan bukit di sekitar itu. Tanpa merasa lelah,mereka mengangkut batu-batu tersebut di pundak mereka sehingga lecet-lecet dan luka pun menggores punggung dan bahu mereka.

di bawah terik sinar matahari gurun yang menyengat,peluh pun mengalir dari tubuh mereka. Namun,tidak ada keluh kesah yang keluar dari bibir keduanya .Mereka bekerja dengan ikhlas dan penuh semangat. Semua karena rasa cinta mereka terhadap Allah swt. mereka menyadari bahwa perintah Allah swt tentu untuk kebaikan seluruh umat manusia.

Tumpukan batu itu perlahan-lahan mulai meninggi. Baitullah mulai berdiri,ka'bah adalah bangunan pertama yang didirikan di muka bumi ini tempat manusia menyembah Allah swt. Pembangunan ka'bah akhirnya selesai. Nabi ibrahim meletakan sebuah batu hitam (hajar aswad) di salah satu sudut ka'bah. Keindahan batu itu kemudian membuat nabi ismail penasaran dan bertanya kepada ayahnya"dari mana batu yang sangat istimewa ini,ayah?"
"Malaikat jibril yang membawakan dari surga untuk diletakkan di baitullah," jawab nabi ibrahim yang juga mengagumi keindaha batu itu. Mungkin ka'bah hanya bangunan yang terbuat dari batu namun ka'bah sudah menjadi simbol tauhid islam sampai saat ini,tak heran kalau ribuan orang dari seluruh penjuru dunia tidak berhenti berdatangan untuk melaksanakan ibadah haji setiap tahunnya dan untuk menunaikan rukun islam yang kelima.

itulah cerita dibangunnya baitullah,menarik bukan cerita dari dibangunnya baitullah?,semoga kita dapat mengambil pelajaran dari cerita ini,terimakasih.Wasalam.


judul buku:kisah menakjubkan dalam alquran
penulis:ridwan abqary
penerbit: PT mizan bunaya kreativa
ilustator: nur cicilia
cetakan pertama

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar